Skip to main content
x

UPT Puskesmas Tanjung Kemuning Gencarkan Edukasi Tentang Demam Berdarah

Kaur - UPT Puskesmas Tanjung Kemuning lakukan Penyuluhan pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Tinggi Ari Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur beberapa waktu yang lalu.

Kepala Puskesmas Tanjung Kemuning Rina Desheryani, S.Tr.Keb, saat ditemui Britanesia.com diruang kerjanya (25/8/22) menjelaskan, bahwa kegiatan penyuluhan pencegahan DBD ini terus dilakukan setiap kali pelaksanaan posyandu di desa.

"Penyuluhan ini terus kami lakukan mengingat kasus dengue dalam bulan Agustus ini mengalami peningkatan, terutama di Desa Tinggi Ari, sudah 2 kasus positif dengue yang telah kami terima dan sudah kami lakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE)." Ujar Kapus Rina.

Lanjut Kapus, dengan diadakannya kegiatan seperti ini, bisa menambah wawasan masyarakat bahwa mengatasi dengue ini, tidak hanya menggunakan penyemprotan asap atau Fogging saja.

"Banyak cara atasi Dengur ini,  seperti melakukan Gertak PSN (Gerakan Serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan langkah 3M, yakni Menguras, Menutup, dan Mengubur barang yang dimungkinkan menjadi sarang nyamuk." Terang Kapus Tanjung Kemuning.

Rina juga mengatakan untuk pelaksanaan fogging, sementara ini belum bisa dilakukan, mengingat alat fogging yang ada di Dinas Kesehatan Kaur masih mengalami kerusakan dan kini dalam perbaikan.

Diketahui, dari bulan Januari hingga Agustus ini sudah 9 Kasus dengue yang terdeteksi di Puskesmas Tanjung Kemuning.(Wid)