Skip to main content
x

Pantai Air Langkap, Pulau Dewatanya Bengkulu

Kaur - Keindahan pesona wisata di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu kian memukau dan berkembang, salah satu objek wisata yang sedang berkembang ialah Pantai Air Langkap.

Pantai Air Langkap ini diapit oleh dua Desa, yaitu Desa Sukarami dan Desa Fajar Bulan Kecamatan Kaur Tengah.

Potensi Pantai Air Langkap ini memiliki butiran pasir puti yang menghampar di sepanjang pantainya, tidak hanya itu saja, Pantai yang sering disebut oleh warga setempat sebagai Pantai Karang Nyerbu ini, miliki juga Hamparan Batu Karang yang sangat cocok sebagai spot Fotografi.

Pantai Air Langkap

Terkait pesona yang dimiliki pantai ini disampaikan Perwakilan Duta Wisata Kaur, Misita mengatakan bahwa Pantai yang dimiliki oleh Desa Sukarami dan Fajar Bulan ini layak untuk dikembangkan.

"Pantai ini sangat layak dikembangkan, mengingat potensi yang dimiliki sangatlah banyak, salah satu yang diunggulkan ialah pecahan ombak di batu karang, yang tak jauh indahnya dengan pesona yang ada di Pulau Dewata Bali." Ujar salah satu Finalis Duta Wisata kepada Britanesia.com, Rabu (4/5/2022).

Pada kesempatan yang sama, Kamri selaku Kepala Desa Sukarami mengajak para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati Potensi wisata yang ada di desanya.

"Kami mengajak wisatawan lokal dan mancanegara untuk berkunjung ke desa kami, mengingat pantai air langkap tidak kalah indahnya dengan pesona wisata yang ada di Pantai-pantai yang lain, apalagi Pantai yang kita miliki masih sangat alami." Ujar Kades Sukarami yang didampingi Kades Fajar Bulan saat diwawancarai dilokasi wisata.

Ditambahkan Kades, untuk pengelolaan pariwisata yang ada di desanya tersebut, ia merangkul Pemuda-pemudi yang tergabung dalam karang taruna untuk mengelola wisata ini, tidak hanya itu saja, Pemerintah Desa pun sudah membuatkan wadah pengelola wisata ini seperti halnya Bumdes.

"Untuk kendala yang kami dimiliki ialah akses jalan, karena selama ini untuk kendaraan roda empat masih gunakan akses jalan milik Pengusaha Tambak Udang." Keluh Kades Sukarami.

Terpisah Camat Kaur Tengah, Lukman selaku perwakilan pemerintah daerah akan terus mendukung potensi-potensi wisata yang ada saat ini.

Pantai Air Langkap

"Melalui pengembangan wisata ini, pihaknya akan membantu Bumdes wisata untuk mengembangkan potensi wisata, salah satunya ialah mencarikan solusi untuk akses jalan menuju tempat wisata, karena selama ini akses jalan yang digunakan menggunakan jalan milik Pengusaha Tambak Udang, sedangkan untuk akses jalan umum baru bisa dilalui menggunakan kendaraan roda dua." Jelas Camat Kaur Tengah.

Ditambahkan Camat, ke depan pihaknya pun akan menggandeng Pemda Kaur, Pemprov Bengkulu dan Kementerian Pariwisata untuk kembangkan Pariwisata yang ada di Kecamatan Kaur Tengah.
(Red)