Skip to main content
x

Hebat, Kabupaten Ini Laksanakan Pilkades Sistem E-Voting

Di era digital sekarang ini sangatlah membantu mengefisienkan setiap pekerjaan, apalagi pada kondisi Pandemi yang masih berlangsung sekarang, terobosan ciamik pun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Barita Kuala Provinsi Kalimantan Selatan dengan cara melakukan Pilkades dengan sistem E-Voting seperti yang dilakukan oleh Negara Super Power Amerika Serikat.

Tentunya pemilihan dengan cara  e-voting ini bisa membantu pemerintah dalam mengefisienkan waktu, serta bisa membantu pemerintah menghentikan penyebaran Covid-19.

Dikutip dari Media Online Kabar Kalimantan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Barito Kuala M. Aziz menyampaikan bahwasanya Pilkades secara e-voting akan dibagi tiga gelombang.

"Mengingat keterbatasan alat e-voting yang semuanya berjumlah 20 unit, alat yang tersedia ini mampu menampung 1000 Daftar Pemilih Tetap." Kata Kadis PMD Kabupaten Barito Kuala, Rabu (3/3/2021).

Perihal tenaga teknis yang tersedia, M. Aziz menyampaikan semuanya akan kita lakukan bimbingan teknis di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Jakarta, ditempat ini mereka akan dibekali cara mengoperasikan alat tersebut serta ikut mempraktekkannya.

Keterangan yang dilansir dari website resminya BPPT, E-voting adalah sistem yang memanfaatkan perangkat elektronik dan mengolah informasi digital untuk membuat surat suara, menghitung perolehan suara, menayangkan perolehan suara secara langsung dan dapat memelihara serta menghasilkan jejak audit. (Red)


Sumber: Media Kabar Kalimantan