Skip to main content
x

Data BPS, Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Kaur Meningkat Diatas Dua Persen

Badan Pusat Statistik yang merupakan lembaga survey dan data milik pemerintah yang tingkat validitas datanya tidaklah diragukan lagi, pada setiap tahunnya BPS selalu mengekspos berbagai data yang sangatlah dibutuhkan masyarakat pada umumnya dan juga sangatlah dibutuhkan oleh Pemerintah sebagai kajian untuk menentukan kebijakan pembangunan strategis, baik itu Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah.

Untuk diketahui salah satu indikatorkeberhasilan dan meningkatnya pembangunan di suatu daerah ataupun wilayah bisa dilihat dari data statistik yang disuguhkan oleh BPS, adapun indikator yang paling sering digunakan ialah Indeks Pembangunan Manusia atau yang akrab dikenal dengan istilah IPM.

Dikutip dari situs resmi BPS yaitu bps.go.id, IPM menjelaskan bagaimana penduduk dapat mengakses hasil pembangunan dalam memperoleh pendapatan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya. Ada tiga Dimensi Dasar dalam membentuk IPM, adapun dimensi itu meliputi Umur Panjang dan Hidup Sehat, Pengetahuan, dan Standar Hidup Layak.

Apa Saja Manfaat IPM?

  • IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia (masyarakat/penduduk).
  • IPM dapat menentukan peringkat atau level pembangunan suatu wilayah/negara.
  • Bagi Indonesia, IPM merupakan data strategis karena selain sebagai ukuran kinerja Pemerintah, IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).

Nah disini Redaksional dari Britanesia.Com mencoba menyuguhkan data BPS tentang Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Kaur, menurut hasil data Statistik yang dirilis melalui website resminya bengkulu.bps.go.id/indicator/26/31/1/indeks-pembangunan-manusia, adapun persentase IPM Kabupaten Kaur untuk di tahun 2015 sebanyak 64,47%, sedangkan untuk di tahun 2019 ialah diangka 66,78%, jadi disini Bupati Kaur Gusril Pausi, S.Sos, M.AP mampu meningkatkan persentase IPM diangka 2,31%. Apabila kita bandingkan dengan Kabupaten Bengkulu Selatan yang merupakan Kabupaten Induk dari Kabupaten Kaur, disini Kabupaten Kaur mampu mengungguli Kabupaten Bengkulu Selatan yang menurut catatan rilis dari data statistik BPS persentase IPMnya meningkat 1,7%.

Terkait dengan semakin meningkatnya IPM Kabupaten Kaur, disini Kepala Dinas PUPR Kaur Hifthario Syahputra, ST, M.Si menyampaikan bahwasanya IPM ini merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

"Melalui IPM kita bisa melihat keberhasilan pemerintah dalam membangun, seperti halnya yang dilakukan oleh dinas teknis seperti Dinas PUPR dalam meningkatkan infrastruktur dan fasilitas publik." Kata Kadis PUPR Kaur.

(Red/BPS)